thumbs-iconJasa perbaikan AC utama berskala nasional yang profesional

clock-iconWorking Hours : Mon-sat (8.00am - 6.00PM)

King Service AC
mobile-icon

CALL TO SCHEDULE YOUR FREE !(021) 6334875 / 6333218 Whatsapp: 085106444888

page-banner

Blog

5 Cara Mudah Merawat Kulkas Anda Di Rumah

5 Cara Mudah Merawat Kulkas Anda Di Rumah

Saat ini kulkas adalah alat elektronik penting, faktanya banyak orang saat ini lebih memilih untuk menyimpaan makanan dan minuman mereka agar tetap awet dan segar dengan kulkas. Selain itu manfaat laiinya dari kulkas itu sendiri adalah dapat mendingkan dan membekukan air dan makanan dengan mudah, praktis dan cepat. Sehingga kulkas ini memiliki fungsi penting bagi kehidupan sehari-hari manusia dalam memenuhi kebutuhan minuman dan makanan yang segar setiap hari untuk dikonsumsi. Namun, kita sebagai pemakai wajib membersihkannya karena kulkas elektronik ini cepat memproduksi biang es yang membuat cepat rusak kulkas.

Salah satu hal penting dalam memelihara kulkas adalah dengan cara terus membersihkannya selain itu juga lakukan pengecekan minimal setahun sekali untuk menghindari adanya kerusakan atau kotoran yang dapat menempel pada bagian mesin kulkas. Kulkas saat ini juga semakin canggih dan banyak sekali fitur yang tersedia misalnya kita tidak perlu lagi untuk membeli es batu diluar karena kulkas sekarang bisa membuat es batu dengan mudah caranya klik pada bagian kulkas lalu jadilah es batu berbentuk kotak-kotak tanpa harus membeli atau menunggu lama. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk memeliharan kulkas.

1. Pintu Kulkas Harus Tertutup Rapat

Habis mengambil minum dingin, kita akan memberikan pintu kulkas menutup dengan sendirinya. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa kekita pintu lemari es tertutup dengan sendirinya bikan berarti pintu tersebut sudah tertutup rapat. Cek kembali apakah pintu kulkas udah rapat belum.

2. Bersihkan Bagian Dalam Kulkas

Lakukan pembersihan kulkas sebulan sekali. Cara membersihkan kulkas yang bener adalah dnegan mematikan sambungan listrik ke kulkas terlebih dahulu. Lepaskan semua rak-rak yang terdapat didalam kulkas, lalu dicuci bagian-bagian rak yang tadi itu dengan sabun hingga bersih dan keringkan dengan kain lap higga kering. Keluarkan semua makanan dan meinuman yang sudah basi. Bersihkan dindingin bagian kulkas dnegan kain lap bersih. jangan lupa untuk membersihkan frezeer dengan mencairkan biang esnya terlebih dahulu.

3. Jangan Buka Lemari Es Saat Listrik Padam

Untuk membuat kulkas dapat menjaga suhu didalamnya tetap sejuk saat mati lampu, sebaiknya Anda tidak membuka pintu lemari es terlalu sering. Perlu anda ketahui bahwa kuklas dapat mempertahankan suhu dingin selamam 24 jam meskipun listrik padam. Jadi, Anda ingin makanan didalam kulkas tetap segar dan tidak basi, jangan buka pintu kulkas sebelum listrik kembali menyala.

4. Hindari Memasukan Makanan dan Minuman Yang Masih Panas

Jangan pernah Anda memamsukan makanan dan minuman yang masih panas kedalam kulkas. Hal ini dapat berbahaya terutama bila Anda menggunakan wadah kaca. Perubahan suhu dari panas ke dingin yang sangat drastis bisa membuat kaca pecah. Makanan dan minuman akan cepat basi karena perubahan dratis ini. Makanan dan minuman juga bisa mengacaukan temperatur suhu lemari es. Sebaiknya bila minuman dan makanan yang masih panad diletakan diluar hingga suhunya sama dnegan suhu ruangan.

5. Matikan Kulkas Ketika Tidak Dipakai

Matikan kulkas anda bila Anda tidak berada dirumah dalam waktu panjang. Agar kulkas lebih awet dan hemat listrik. Sebelumnya kosongkan makanan dan minuman dari dalam kulkas. Setelah itu cairkan biang es terlebih dahulu. Matikan kulkas selama Anda pergi. Bukan hanya untuk menghemat energi saja, Anda juga dapat megistirahatkan kulkas karena Anda telah menggunakannya setiap hari.

Memahami bagaiamana cara merawatnya maka kita bisa membaca buku panduan petunjuk cara merawatnya atau kita bisa panggil jasa service kulkas sebagai solusi tepat.