thumbs-iconJasa perbaikan AC utama berskala nasional yang profesional

clock-iconWorking Hours : Mon-sat (8.00am - 6.00PM)

King Service AC
mobile-icon

CALL TO SCHEDULE YOUR FREE !(021) 6334875 / 6333218 Whatsapp: 085106444888

page-banner

Blog

5 Tips Jitu Menghemat Listrik & Air Pada Mesin Cuci

5 Tips Jitu Menghemat Listrik & Air Pada Mesin Cuci

Setiap orang pastinya sudah mengetahui fungsi dan peran mesin cuci itu sendiri walaupun begitu mesin cuci ini masih menjadi kendala yang banyak dikeluhkan oleh para ibu rumah tangga. Ada dual hal yang sering dikhawatirkan yaitu tagihan listrik dan penggunaan air, sehingga seorang ibu rumah tangga harus jelis bagaimana menggunakan mesin cuci dengan baik agar tagihan listrik tidak terus membengkak dan juga dalam penggunaan mesin pompa air untuk mendapatkan air bersih yang digunakan oleh mesin cuci. Oleh karena itu, salah satu yang dapat kamu lakukan adalah memilih mesih cuci yang sesuai kebutuhan rumah kamu, jadi kamu harus pastikan bahwa mesin cuci yang kamu pilih sudah sesuai dengan kisaran kapasitas terhadap konsumsis daya listrik dan airnya.

Berikut adalah beberapa faktor yang harus di perhatikan untuk menghemat listrik dan air dalam penggunaan mesin cuci.

 

1. Kapasitas Mesin Cuci

Hal pertama yang harus perhatikan dalam membeli mesin cuci adalah spesifikasi dan kapasitas dari mesih cuci tersebut. Hal ini akan mempengaruhi konsumsi daya listrik yang kamu miliki di rumah. Jadi, kesimpulannya adalah semakin besar kapasitasnya, semakin besar pula kebutuhan daya listrik dan airnya.

 

2. Kebutuhan Air

Pada mesih cuci itu sendiri secara umum terbagi menjadi dua bagian yaitu mesih cuci bukaan atas dan bukaan depan. Pada mesin cuci bukaan atas hanya memerlukan air lebih sedikit atau berkisar 60% hal ini sudah dibuktikan di beberapa penelitian. Walaupun begitu pada setiap jenis mesin cuci pastinya beberda kebutuhan dan cara penggunaannya maka sebaiknya yang harus kamu lakukan adalah lihat buku petunjuknya.

 

3. Pemanasan Air

Pada umumnya, kinerja semua jenis mesin cuci membutuhkan 90% daya listrik untuk memanaskan air. Sehingga kamu perlu jeli untuk mematikan alat elektronik lainnya dengan tujuan menghemat daya listrik yang dikonsumsi. Hal ini adalah salah satu cara yang efektif untuk dilakukan.

 

4. Proses Pengeringan

Pada proses pengeringan itu sendiri pastinya memiliki cara yang berbeda seperti pada mesin cuci bukaan depan yang banyak beredar di pasaran memiliki putaran sekitar 650 – 700 rpm tetapi relatif lebih lama untuk mengeringkan pakaian. Beda hal nya dengan mesih cuci bukaan atas yang dapat mengeringkan pakaian lebih cepat karena memiliki kapasitas putaran yang lebih cepat yaitu berkisar antarta 1000 – 1200 rpm.

 

5. Konsumsi Listrik

Ada beberapa jenis mesih cuci yang sangat direkomendasikan untuk menghemat listrik, mesin cuci ini disebut sebagai mesin cuci front loading. Mesin cuci jenis ini relative lebih sedikit dalam mengkonsumsi listrik dibandingkan jenis lainnya. Kamu bisa tanyakan hal ini kepada pemiliki toko dengan tujuan menyesuaikan kapasitas listrik di rumah.

 

Jadi, mesin cuci ini adalah salah satu alat elektronik yang menjadi solusi kebutuhan ibu rumah tangga tetapi kamu juga harus jeli karena pada dasarnya alat elektronik adalah alat yang pasti menggunakan listrik sebagai sumber energi utamanya. Oleh karena itu, perhatikan beberapa faktor tersebut dengan baik serta lakukan service mesin cuci secara rutin untuk pemeliharaan mesin cuci.