thumbs-iconJasa perbaikan AC utama berskala nasional yang profesional

clock-iconWorking Hours : Mon-sat (8.00am - 6.00PM)

King Service AC
mobile-icon

CALL TO SCHEDULE YOUR FREE !(021) 6334875 / 6333218 Whatsapp: 085106444888

page-banner

Blog

Tips Merawat Kulkas Agar Tidak Sering Memanggil Jasa Service Kulkas

Tips Merawat Kulkas Agar Tidak Sering Memanggil Jasa Service Kulkas

Sesering apa Anda memanggil jasa service kulkas untuk memperbaiki kulkas di rumah? Anda sudah coba gonta-ganti kulkas dari yang murah sampai yang mahal, namun kulkas masih sering rusak. Jika anda mengalami hal ini, mungkin itu semua bukan karena bagus dan jeleknya kualitas kulkas yang Anda miliki. Tapi karena Anda kurang “merawat” kulkas Anda. Karena kulkas juga memerlukan perawatan tersendiri agar tidak mudah cepat rusak. Dan untuk diketahui saja bahwa merawat kulkas itu tidak terlalu susah kok.
 
Satu hal yang wajib diingat, bagian yang paling vital dari kulkas adalah kompresor. Jadi kalau tidak digunakan atau tidak diisi dengan bahan-bahan makanan, lebih baik dimatikan saja kulkasnya.  Nah, agar kulkas bisa awet dan juga sekaligus hemat listrik, berikut sejumlah hal yang perlu diperhatikan dalam perawatannya seperti dikutip dari laman hometekno. 

  1. Isilah Kulkas dengan Proporsional
    Jangan terlalu banyak memasukkan muatan sehingga seperti gudang. Isi kulkas dengan bahan makanan dan minuman seperlunya saja. Jangan memaksa buat memasukkan semua makanan dan minuman yang anda miliki, ini akan menyebabkan kompressor bekerja lebih berat. Hal ini juga tentunya juga akan membuat tagihan listrik membengkak.
     
  2. Jangan memasukkan air minum yang masih panas ke dalam kulkas.
    Sebelum memasukkan air minum ke dalam lemari es, tunggu air tersebut dingin. Mungkin terlihat sepele, tapi jika anda terus-menerus melakukan hal ini, jangan heran jika kulkas anda cepat rusak sehingga makin sering memanggil teknisi.
     
  3. Bersihkan kulkas.
    Bersihkan kulkas dengan air hangat yang dicampur sabun cuci piring. Lalu lap dengan bahan yang lembut atau spons. Tak hanya tubuh anda yang butuh dibersihkan, sekali-sekali kulkas juga perlu dibersihkan. Ya minimal 1 bulan sekali.
     
  4. Usahakan agar pintu kulkas selalu tertutup rapat.
    Ini juga merupakan hal sepele yang sering dilakukan, bahkan kadang juga sering dilakukan tanpa sengaja. Tahukah anda bahwa hal ini jika terlalu sering dilakukan jug akan menyebabkan kulkas anda sering cepat rusak? So, mulai dari sekarang hindari hal ini jika anda ingin agar kulkas anda awet bertahun-tahun.
     
  5. Jauhkan lemari es dari sumber panas yang lain seperi kompor.
    Ini wajib dihindari, pasalnya kompor dan kulkas merupakan 2 benda yang mempunyai fungsi berkebalikan. Kompor identik dengan panas, kulkas identik dengan dingin, jadi jangan mendekatkan 2 benda ini ya?
     
  6. Letakkan lemari es minimal 15-20 cm dari dinding. 
    Rata-rata anda pasti akan menempatkan kulkas “mepet” dengan dinding tembok agar terlihat lebih rapi. Namun sebaiknya mulai sekarang hindari hal ini, kasih jeda sekitar 15-20 cm dari dinding.
     
  7. Bersihkan kondensor.
    Bersihkan kondensor yang terletak di belakang lemari es secara teratur dari debu dan kotoran, agar proses pelepasan panas berlangsung baik. Ini juga penting untuk dilakukan, tapi memang rata-rata orang pasti akan malas melakukan hal ini. Padahal membersihkan kondensor juga penting dilakukan agar kulkas anda tidak mudah rusak.
     
  8. Bersihkan freezer dari bunga es.
    Sesekali freezer dibersihkan dengan melelehkan bunga es, sehingga keseimbangan suhu di dalam lemari es terjaga. Ingat, jangan mengikis es di freezer dengan pisau. Untuk kulkas modern, mungkin bunga es ini udah jarang anda temukan. Pasalnya kulkas modern sekarang sudah banyak yang mempunyai system auto defrost. Tapi bagi yang masih mempunyai kulkas yang masih ada bunga es.nya wajib sesekali membersihkan / melelehkan bunga es.
     
  9. Atur suhu kulkas sesuai kebutuhan, tidak terlalu rendah. 
    Pasti anda sering mengatur suhu kulkas hingga mentok ke paling rendah. Ya mungkin dengan alasan agar proses pendinginan di dalam kulkas lebih cepat dan maksimal. Tapi tahukah Anda semakin rendah / dingin maka semakin banyak konsumsi energi listrik, jadi atur saja sesuai kebutuhan. Lagipula jika anda selalu mengatur kulkas ke suhu terendah secara terus menerus, ini juga akan membuat kulkas anda cepat rusak.
     
  10. Saat listrik padam 
    Bila aliran listrik padam, jangan terlalu sering membuka kulkas. Bila aliran listrik menyala kembali, biarkan dahulu 5 menit, baru dinyalakan.  Ini salah satu hal yang juga harus anda lakukan agar kulkas anda awet. Jika listrik padam, sebaiknya memang kulkas dicabut dulu aliran listriknya. Jadi jika nanti sewaktu-waktu listrik menyala, kulkas tidak langsung menyala. Kasih selang waktu 5-10 menit, baru nyalakan kulkas kembali. Hal ini dilakukan agar kompressor tidak cepat rusak.

Nah, jika Anda mengikuti beberapa tips diatas, kulkas anda pasti akan lebih awet dan tidak akan cepat rusak. Anda pun juga tidak akan sering-sering lagi memanggil teknisi spesialis kulkas lagi. Ya paling sesekali tetap panggil teknisi spesialis kulkas buat sekedar perawatan kulkas saja, atau saat Anda merasa kulkas sudah tidak dingin lagi.