thumbs-iconJasa perbaikan AC utama berskala nasional yang profesional

clock-iconWorking Hours : Mon-sat (8.00am - 6.00PM)

King Service AC
mobile-icon

CALL TO SCHEDULE YOUR FREE !(021) 6334875 / 6333218 Whatsapp: 085106444888

page-banner

Blog

Tips Menggunakan AC Agar Hemat Listrik Paling Ampuh

Tips Menggunakan AC Agar Hemat Listrik Paling Ampuh

Rasanya tidak nyaman jika aktivitas kita sering di dalam ruangan dan tidak memakai AC. Selain memberi kenyamanan sehingga kita betah berlama-lama didalam suatu ruangan, AC juga dikenal sebagai sirkulasi udara yang efektif sehingga udara yang kita hirup tetap bersih dan sehat. Dibalik ia memberi kenyamanan, ada dampak yang sangat tidak kita sukai, yaitu banyaknya daya listrik yang dipakai. Sehingga ini akan membuat pengeluaran bulanan untuk membayar tagihan listrik cukup merogoh kocek yang cukup dalam.

Baca Juga: PERHATIKAN 7 CARA MERAWAT AC AGAR AWET DAN TETAP DINGIN!

Namun sobat tenang saja, karena pada kesempatan ini saya akan mencoba berbagi tips menggunakan AC agar hemat listrik, yang tentukan ini akan sedikit menggurangi pengeluran sobat untuk membayar tagihan listrik setiap bulannya jika sobat benar-benar mengikuti tips berikut.

1. Tentukan Ukuran AC Yang Sesuai Dengan Ruangan

Ukuran AC harus sesuai dengan ruangan yang akan dipasangin AC. Jangan sampai kapasitas AC terlalu kecil sehingga dingin tidak maksimal, atau sebaliknya jika terlalu besar tentu daya listrik yang dibutuhkan akan semakin banyak.

2. Tempatkan AC Pada Ruangan Tertutup

Menempatkan AC pada ruangan tertutup juga merupakan salah satu langkah menghemat daya listrik untuk AC. Karena jika ditempatkan pada ruangan terbuka atau pintu yang sering terbuka akan membutuhkan kerja mesin cukup lama untuk bisa mendinginkan ruangan. Sehingga mesin tidak bisa standby dan akan nyala terus tentu ini akan membutuhkan daya listrik yang lebih banyak.

Kecuali jika ruangan tersebut untuk tempat umum, seperti perkantoran pasti orang akan silih berganti yang datang dan pergi. Tentu ini sangat tidak mungkin jika sobat ingin menghemat listrik pada AC tersebut.

3. Setting Suhu Temperature Sesuai Kebutuhan

Standart setting suhu pada remote adalah 20”C, karena jika terlalu tinggi bisa membuat mesin cepat mati / stundby. Sehingga kompresor juga akan lebih sering start, tentu pada saat start inilah yang membutuhkan daya listrik yang lebih daripada saat mesin nyala terus.

Namun ini bukan berarti sobat tidak boleh mengatur suhu lebih rendah dibawah 20”C. Sobat bisa gunakan suhu yang paling rendah agar ruangan lebih cepat dingin, kemudian nanti jika dirasa sudah dingin sobat tinggal naikan suhu temperatur tersebut.

Baca Juga: HAL – HAL PENTING YANG HARUS ANDA KETAHUI SEBELUM MEMBELI AC