thumbs-iconJasa perbaikan AC utama berskala nasional yang profesional

clock-iconWorking Hours : Mon-sat (8.00am - 6.00PM)

King Service AC
mobile-icon

CALL TO SCHEDULE YOUR FREE !(021) 6334875 / 6333218 Whatsapp: 085106444888

page-banner

Blog

5 Hal yang Harus Anda Pertimbangkan Saat Membeli AC Kamar

5 Hal yang Harus Anda Pertimbangkan Saat Membeli AC Kamar

Memiliki tidur yang nyenyak di musim panas akan terasa sulit tanpa adanya AC di kamar Anda. Karena itu, untuk mendapatkan tidur yang nyaman dan berkualitas, Anda membutuhkan unit AC yang bagus dan dapat bekerja dengan baik. Nah, berikut ini adalah beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan saat berencana membeli AC untuk kamar Anda.

 

1. Budget

Hal paling penting yang harus Anda pertimbangkan pertama kali saat akan membeli AC baru adalah budget yang Anda miliki. Bagaimanapun, budget Anda-lah yang nantinya akan menentukan berbagai faktor lainnya. Ingatlah, semakin bagus fitur yang ditawarkan AC, biasanya akan semakin mahal pula harganya. Kendati demikian, pertimbangkan bahwa kebutuhan AC kamar tidur tentu berbeda dengan AC untuk ruangan lain. Hanya karena Anda memiliki anggaran yang besar, jangan langsung memutuskan untuk membeli AC paling mahal dengan fitur berlebihan. Pastikan Anda menyiapkan budget yang bijak, yang benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan.

 

2. Kapasitas

Tidak seperti ruangan lainnya, kebanyakan kamar biasanya memiliki ukuran kecil hingga sedang. Karena itu, AC kamar lebih cocok menggunakan kapasitas kecil antara sekitar 1/2 PK hingga 1 PK. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, membeli AC dengan fitur berlebihan yang tidak sesuai kapasitasnya bukanlah pilihan yang bagus. Jika Anda membeli AC dengan kapasitas terlalu besar, hal ini dapat menyebabkan penumpukan kelembaban dan pembengkakan tagihan listrik. Namun sebaliknya, jika Anda membeli AC dengan kapasitas yang terlalu kecil, ini akan membuat unit AC bekerja lebih keras untuk menghasilkan udara dingin, yang pada akhirnya membuat mesin lebih cepat aus.

 

3. Fitur

Beberapa tipe AC tertentu disertai dengan berbagai macam fitur yang tidak dimiliki tipe AC lainnya. Berbagai contoh fitur canggih yang terdapat pada AC di antaranya adalah kemampuan untuk mensterilkan udara, menghilangkan bakteri dan alergen penyebab flu dan batuk, mengurangi kelembaban berlebih, self cleaning, menghemat daya listrik, mendinginkan dalam waktu singkat, hingga mengontrol AC dari jarak jauh dengan menggunakan smartphone. Semakin canggih fitur AC tersebut, biasanya akan semakin mahal pula harganya. Karena itu, pilihlah fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda.

Baca Juga: 5 Penyebab Utama AC Rumah Anda Tidak Dingin

4. Daya Listrik

Untuk menghemat tagihan listrik rumah Anda, pilihlah AC yang memiliki daya listrik rendah. Jenis AC seperti ini memang membutuhkan waktu lebih lama ketika mendinginkan suhu ruangan, kendati demikian tetap efektif untuk membuat kamar Anda terasa sejuk. AC dengan daya listrik rendah biasanya banyak dipilih oleh orang yang lebih sering menghabiskan banyak waktu di kamar atau menggunakan AC secara konsisten setiap harinya.

 

5. Garansi

Sebagian besar AC yang dijual di pasaran biasanya sudah tersedia garansi, namun tidak semuanya dibuat sama. Karena itu, sebelum membeli AC baru untuk kamar Anda, pastikan Anda menanyakan bagian apa saja yang dilindungi oleh garansi dan berapa lama masa berlakunya. Dengan mengtahui secara detail dan terperinci, ini membantu memastikan Anda agar tidak merasa kecewa di kemudian hari apabila terjadi kerusakan pada unit AC Anda.

 

Nah, itulah dia beberapa hal penting yang perlu Anda pertimbangkan saat berencana membeli AC baru untuk kamar Anda. Kini Anda tidak perlu lagi merasa bingung dengan banyaknya pilihan AC yang tersedia di pasaran, karena Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kondisi Anda berdasarkan poin-poin yang sudah disebutkan di atas. Jika Anda memerlukan layanan perawatan atau perbaikan AC yang berkualitas, jangan ragu untuk menghubungi King Service AC. Layanan profesional kami siap membantu menjaga AC Anda dalam kondisi terbaik.