thumbs-iconJasa perbaikan AC utama berskala nasional yang profesional

clock-iconWorking Hours : Mon-sat (8.00am - 6.00PM)

King Service AC
mobile-icon

CALL TO SCHEDULE YOUR FREE !(021) 6334875 / 6333218 Whatsapp: 085106444888

page-banner

Blog

5 Penyebab Utama AC Rumah Anda Tidak Dingin

5 Penyebab Utama AC Rumah Anda Tidak Dingin

AC terdiri dari beragam komponen kompleks yang berfungsi untuk menyerap panas dan memproduksi udara yang sejuk. Jika terjadi masalah pada salah satu komponen tersebut, hal ini bisa membuat AC di rumah Anda tidak dapat berfungsi dengan baik dan akibatnya kesulitan untuk memproduksi udara dingin. Tentunya hal ini akan membuat seluruh penghuni rumah jadi merasa tidak nyaman. Oleh sebab itu, Anda mungkin perlu tahu beberapa alasan yang dapat menyebabkan AC di rumah Anda menjadi tidak dinginn. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Refigeran Bocor

Refigeran adalah bahan kimia yang berfungsi untuk mengubah udara panas di sekitar Anda menjadi sejuk. Ketika AC Anda tidak dapat mengeluarkan udara dingin, ini bisa jadi disebabkan karena refigeran mengalami kebocoran atau hampir habis. Namun sebagian besar masalah ini biasanya terjadi karena adanya kebocoran pada refigeran, dan untuk memastikan hal ini Anda perlu memanggil teknisi servis AC berpengalaman untuk memeriksa unit AC Anda.

2. Filter Kotor

Masalah lain yang dapat menyebabkan AC tidak dingin adalah filter yang kotor atau tersumbat. Untuk waktu yang lama, filter AC Anda bekerja untuk menyaring rambut, debu, kotoran, dan partikel lainnya. Ketika ada terlalu banyak tumpukan kotoran, maka udara yang sejuk tidak dapat dialirkan dengan baik ke seluruh ruangan sehingga Anda merasa kepanasan. Jika dibiarkan terlalu lama, filter yang kotor juga dapat menyebabkan masalah lainnya seperti membuat koil evaporator dan kodensor menjadi lebih cepat aus. Untuk menghindari hal ini, Anda perlu mengganti filter AC setiap tiga bulan sekali.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Merawat AC Rumah Agar Tidak Cepat Rusak

3. Evaporator Bermasalah

Filter AC bertugas untuk menjaga koil evaporator Anda tetap bersih dan berada dalam kondisi terbaiknya. Namun seiring berjalannya waktu, komponen ini tetap dapat mengalami keausan. Karena terpapa kelembaban secara konstan, koil evaporator Anda menjadi lebih rentan terhadap pertumbuhan jamur. Untuk mengatasi masalah ini Anda membutuhkan bantuan dari teknisi sevis AC berpengalaman.

4. Kompresor Rusak

Bisa dibilang, kompresor merupakan jantung pada sistem AC Anda. Komponen ini berfungsi untuk mengatur aliran refigeran antara evaporator dan kodensor, sehingga apabila terjadi kerusakan hal ini dapat membuat unit AC Anda tidak dapat bekerja dengan baik dan memproduksi udara yang sejuk. Sayangnya, satu-satunya cara untuk memperbaiki hal ini adalah Anda perlu menggantinya dengan komproser yang baru.

5. Kesalahan Pengaturan Termostat

Jika Anda sudah melakukan pengecekan menyeluruh dan tidak menemukan kerusakan pada komponen AC namun udara di sekitar tetap panas, hal terakhir yang perlu Anda periksa adalah termostat. Termostat berfungsi untuk membaca suhu ruangan dan memberikan sinyal pada sistem AC untuk memulai atau menghentikan siklus pendinginan. Jadi, jika terjadi kesalahan pengaturan pada termostat, ini akan mempengaruhi seluruh proses pendinginan. Cobalah untuk mengecek termostat AC Anda, dan jika Anda menemukannya pada posisi on, Anda perlu memindahkannya kembali ke posisi auto.

Perlu diingat, sebagian besar masalah AC tidak dapat mengeluarkan udara dingin sebenarnya bisa diatasi dengan pemeliharaan secara berkala. Untuk memastikan kinerja AC di rumah Anda tetap berada dalam kondisi terbaiknya, pastikan Anda selalu meng-service AC setiap tiga bulan sekali. Dengan demikian, apabila terjadi masalah pada AC Anda, seperti filter tersumbat atau refigeran bocor, teknisi servis AC dapat segera mengatasinya untuk Anda.