thumbs-iconJasa perbaikan AC utama berskala nasional yang profesional

clock-iconWorking Hours : Mon-sat (8.00am - 6.00PM)

King Service AC
mobile-icon

CALL TO SCHEDULE YOUR FREE !(021) 6334875 / 6333218 Whatsapp: 085106444888

page-banner

Blog

5 Tips Mudah Merawat AC Rumah Agar Tidak Cepat Rusak

5 Tips Mudah Merawat AC Rumah Agar Tidak Cepat Rusak

AC adalah salah satu peralatan rumah yang paling penting, terutama ketika musim panas tiba. Alat ini membantu menjaga kenyamanan seluruh penghuni rumah dengan memastikan aliran udara terasa sejuk dan dingin, bahkan dalam kondisi cuaca yang sangat panas sekalipun. Namun sayangnya, AC yang tidak dirawat dengan baik akan menghabiskan lebih banyak energi dan tidak dapat berfungsi secara efektif sebagaimana mestinya.

Oleh karena itulah, perawatan yang tepat dibutuhkan agar AC di rumah Anda tidak cepat rusak dan selalu berada pada kondisi terbaiknya. Berikut ini adalah beberapa tips penting yang perlu Anda ketahui untuk merawat AC agar tidak cepat rusak.

 

Beberapa Langkah Perawatan AC

 

1. Ganti filter udara sebulan sekali.

Mengganti filter udara secara teratur merupakan hal paling penting yang perlu Anda lakukan untuk menjaga kinerja AC tetap optimal. Ini dikarenakan filter udara berfungsi untuk menyaring berbagai partikel seperti bulu hewan peliharaan, debu, dan kotoran lainnya agar tidak menyusup ke sistem sirkulasi udara di rumah Anda. Ketika Anda tidak mengganti filter udara yang sudah kotor, hal ini tidak hanya akan sekedar membebani mesin AC saja, tetapi juga menghambat kualitas udara yang dihasilkannya.

2. Jaga koil evaporator tetap bersih.

Selain filter udara, koil evaporator juga merupakan komponen penting lainnya dari sistem AC yang berfungsi untuk membantu refigeran menyerap panas dan mendinginkan udara di rumah Anda. Seiring berjalannya waktu, koil evaporator akan menjadi kotor dan pada akhirnya mengurangi jumlah panas yang dapat diserap. Akibatnya, AC Anda harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan. Untuk menghindari hal ini, pastikan Anda selalu menjaga koil evaporator tetap bersih dengan rajin membersihkannya.

3. Periksa sirip secara rutin.

Pada setiap sistem AC terdapat kodensor dan evaporator, yang masing-masingnya memiliki sirip. Seiring berjalannya waktu, sirip ini dapat menekuk dan menyebabkan aliran udara tidak dapat bekerja secara optimal. Nah, agar AC Anda selalu berfungsi secara efisien, periksa sirip secara teratur untuk memastikannya tidak bengkok. Jika Anda melihat adanya masalah pada sirip AC, Anda bisa memanggil teknisi AC profesional untuk membantu mengatasi hal tersebut.

4. Pastikan saluran pembuangan air tidak tersumbat.

Saluran pembuangan merupakan bagian integral dari sistem pendingin karena berfungsi untuk mengalirkan sisa air ke luar agar tidak merusak komponen utama AC. Namun sayangnya, karena berbagai alasan saluran ini dapat tersumbat dan menghambat aliran air. Karena itulah, Anda perlu memeriksa saluran pembuangan air secara berkala guna memastikan tidak adanya sumbatan pada sistem drainase AC Anda.

5. Panggil teknisi profesional untuk perawatan reguler.

Rumah seharusnya menjadi tempat terbaik bagi Anda untuk berkumpul bersama keluarga. Namun ketika AC rusak, tentu hal ini dapat mengganggu waktu berkumpul Anda dengan orang-orang tersayang. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan service AC reguler dengan memanggil teknisi profesional. Mereka akan membantu untuk membersihkan dan memeriksa AC Anda secara menyeluruh, guna memastikan tidak ada masalah mendasar dan AC dapat berfungsi pada tingkat optimal. Ini adalah investasi terbaik untuk merawat AC di rumah agar tidak cepat rusak.

AC yang bisa berfungsi dengan baik dan benar dapat mempengaruhi kenyamanan seluruh penghuni rumah. Namun, jika AC Anda dibiarkan begitu saja tanpa perawatan berkala dan pembersihan secara rutin, hal ini tentu akan membuatnya jadi lebih cepat rusak dan tidak dapat menghasilkan udara yang sejuk. Oleh karena itu, pastikan Anda mengikuti tips-tips perawatan AC di atas untuk menjaga kinerja AC di rumah Anda agar tetap andal dan optimal.