thumbs-iconJasa perbaikan AC utama berskala nasional yang profesional

clock-iconWorking Hours : Mon-sat (8.00am - 6.00PM)

King Service AC
mobile-icon

CALL TO SCHEDULE YOUR FREE !(021) 6334875 / 6333218 Whatsapp: 085106444888

page-banner

Blog

7 Kebiasaan Ini yang Membuat Kulkas Cepat Rusak

7 Kebiasaan Ini yang Membuat Kulkas Cepat Rusak

Kulkas merupakan salah satu perangkat rumah tangga yang paling penting dalam menjaga makanan dan minuman agar tetap segar dan tahan lebih lama. Akan tetapi, terkadang kita tanpa sadar melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat membuat kulkas cepat rusak dan mengurangi kinerjanya. Nah, guna memastikan kulkas Anda tetap bekerja dengan optimal, di bawah ini terdapat beberapa kebiasaan yang perlu Anda hindari agar kulkas tidak cepat rusak.

1. Meletakkan Makanan Panas Langsung ke Dalam Kulkas

Perilaku ini merupakan salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan. Meletakkan makanan panas di dalam kulkas akan membuat kompresor bekerja lebih keras untuk menurunkan suhu yang pada akhirnya dapat merusak komponen kulkas. Sebaiknya, biarkan makanan panas mencapai suhu ruangan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

2. Terlalu Sering Membuka Pintu Kulkas

Setiap kali pintu kulkas dibuka, udara hangat masuk ke dalam dan menggantikan udara dingin di dalamnya. Kebiasaan membuka pintu kulkas terlalu sering dapat membuat suhu dalam kulkas naik turun yang mengakibatkan kulkas bekerja lebih keras untuk mendinginkan dan bahkan dapat mempercepat kerusakan komponen internalnya.

3. Menyimpan Makanan Tidak Tertutup Rapat

Makanan yang tidak tertutup rapat dalam kulkas dapat mengeluarkan uap air yang meningkatkan kelembapan di dalam. Hal ini dapat menyebabkan pembentukan es yang berlebihan di dalam kulkas, sehingga mengganggu sirkulasi udara dan mengurangi efisiensi pendinginan.

 

Baca Juga: 7 TIPS MERAWAT KULKAS AGAR TETAP AWET DAN TIDAK MUDAH RUSAK

4. Menumpuk Terlalu Banyak Makanan

Kulkas memiliki kapasitas tertentu untuk menyimpan makanan. Menumpuk terlalu banyak makanan di dalamnya dapat menghalangi sirkulasi udara dingin dan mengganggu aliran udara. Akibatnya, suhu di dalam kulkas mungkin tidak terdistribusi dengan merata, sehingga membuat beberapa bagian lebih dingin daripada bagian lainnya.

5. Tidak Membersihkan Kulkas Secara Berkala

Kebiasaan ini dapat menyebabkan bertumpuknya debu dan kotoran di belakang kulkas atau pada sela-sela pendingin udara. Kotoran yang menumpuk akan menghambat aliran udara dan membuat kulkas harus bekerja lebih keras untuk menjaga suhunya tetap dingin.

 

Baca Juga: CARA MENCUCI KULKAS YANG BAIK DAN BENAR

6. Menyimpan Benda Panas di Atas Kulkas

Area di atas kulkas sering digunakan untuk menyimpan berbagai benda. Akan tetapi, bila Anda meletakkan benda panas di atasnya, maka panas dari benda tersebut dapat meningkatkan suhu di sekitar kulkas dan membuatnya bekerja lebih keras untuk mendinginkan.

7. Tidak Mengatur Suhu dengan Benar

Mengatur suhu kulkas di angka terlalu rendah tidak hanya akan meningkatkan konsumsi energi, tetapi juga dapat mengakibatkan pembekuan makanan yang seharusnya tidak beku. Sebaliknya, suhu yang terlalu tinggi dapat membuat makanan cepat rusak.

 

Itu dia 7 kebiasaan yang mungkin saja pernah Anda lakukan dan ternyata dapat membuat kulkas cepat rusak. Menghindari kebiasaan-kebiasaan di atas dapat membantu Anda menjaga kulkas tetap berfungsi dengan baik dan tahan lama. Selain itu, perawatan rutin seperti membersihkan kulkas secara berkala, memeriksa karet pintu untuk mengetahui ada tidaknya kebocoran udara, dan menjaga suhu dengan tepat akan membantu memastikan kulkas tetap dalam kondisi optimal dan makanan Anda pun tetap segar dalam jangka waktu yang lebih lama. Jika Anda memerlukan layanan service kulkas yang handal, King Service AC adalah pilihan yang tepat. Kami siap membantu menjaga kulkas Anda dalam kondisi terbaik.

 

Baca Juga: 6 CIRI-CIRI KOMPRESOR KULKAS RUSAK