thumbs-iconJasa perbaikan AC utama berskala nasional yang profesional

clock-iconWorking Hours : Mon-sat (8.00am - 6.00PM)

King Service AC
mobile-icon

CALL TO SCHEDULE YOUR FREE !(021) 6334875 / 6333218 Whatsapp: 085106444888

page-banner

Blog

7 Tips Merawat Kulkas Agar Tetap Awet dan Tidak Mudah Rusak

7 Tips Merawat Kulkas Agar Tetap Awet dan Tidak Mudah Rusak

Kulkas merupakan salah satu peralatan dapur yang bekerja paling keras di antara peralatan lainnya, karena harus beroperasi selama 24/7 secara terus-menerus. Tanpa menerapkan perawatan yang tepat, kulkas Anda akan jadi lebih cepat rusak dan Anda akan kesulitan untuk menjaga kualitas dan kesegaran stok makanan di rumah. Oleh sebab itu, agar tetap awet dan dapat beroperasi dalam kurun waktu yang lama, Anda perlu memastikan bahwa kulkas Anda dirawat dengan baik dan tepat. Nah, berikut ini adalah beberapa tips perawatan kulkas yang bisa Anda lakukan secara berkala.

1. Pastikan pintu kulkas selalu tertutup rapat.

Kebanyakan orang seringkali tidak menutup pintu kulkas dengan rapat setelah membukanya, atau bahkan membiarkannya terbuka terlalu lama. Padahal kebiasaan buruk seperti ini dapat membuat kulkas jadi cepat rusak. Ketika temperatur luar memasuki bagian dalam kulkas, maka mesin kulkas perlu bekerja lebih keras untuk menjaga suhunya agar tetap dingin. Selain itu, hal ini juga tentunya dapat membuat tagihan listrik Anda menjadi lebih mahal.

2. Bersihkan koil kodensor secara berkala.

Koil kodensor biasanya ditempatkan pada bagian belakang kulkas. Komponen ini merupakan bagian yang paling penting, bahkan bisa juga disebut sebagai jantung kulkas. Karenanya, untuk memastikan kulkas Anda tetap awet dan berada dalam kinerja terbaiknya, Anda perlu membersihkan koil kodensor secara berkala. Seiring berjalannya waktu, koil kodensor akan mudah kotor oleh tumpukan debu dan partikel-partikel kecil, yang pada akhirnya membuat kulkas jadi kesulitan untuk melepaskan panas secara efisien. Agar kulkas Anda tetap beroperasi dengan baik, disarankan untuk membersihkannya paling tidak dua kali dalam setahun.

3. Periksa kerusakan gasket.

Gasket merupakan segel karet yang berada di sekitar pintu kulkas. Segel ini berfungsi untuk mengunci suhu dingin di dalam kulkas. Namun, ada kalanya gasket akan mengalami keausan. Jika hal ini terjadi, kulkas Anda tidak bisa tertutup dengan rapat dan suhu panas dari luar jadi lebih mudah masuk. Akibatnya, hal ini akan membebani mesin dan membuat kulkas bekerja lebih keras dari pada seharusnya. Untuk itulah, jika Anda melihat ada kerusakan pada gasket, pastikan Anda menggantinya sesegera mungkin.

4. Lap seluruh permukaan kulkas dengan kain bersih.

Salah satu langkah penting dalam pemeliharaan kulkas untuk penggunaan jangka panjang adalah dengan membersihkan seluruh permukannya menggunakan kain lap yang bersih. Lakukan hal ini setidaknya dua kali dalam setahun, namun akan lebih baik jika Anda melakukannya sesering mungkin. Selain membuat tampilannya jadi lebih baik dan enak dipandang, melap seluruh permukaan kulkas secara berkala juga berguna untuk menyingkirkan tumpukan debu, kotoran, dan partikel lainnya yang dapat meninggalkan bau tidak sedap pada makanan yang Anda simpan.

Baca Juga: 7 CARA MUDAH MENGHILANGKAN BAU AMIS DI KULKAS

5. Beri jarak antara kulkas dan dinding.

Saat menempatkan kulkas Anda, pastikan Anda memberi jarak dari dinding paling tidak sekitar satu inchi. Ini dikarenakan koil kodensor biasanya melepaskan udara panas dari bagian belakang kulkas, sehingga dengan adanya jarak tersebut, suhu panas yang dibuang oleh kulkas dapat tersirkulasi dengan baik dan menghindari kemungkinan terjadinya penumpukan panas.

6. Cairkan kulkas Anda sesekali.

Karena Anda lebih sering menyimpan daging mentah di dalam freezer, kemungkinan terjadinya kontaminasi bakteri pada ruang freezer jauh lebih tinggi. Jika dibiarkan begitu saja, lama-kelamaan kulkas Anda bisa jadi tempat berkembang biaknya bakteri dan memiliki bau tidak sedap. Untuk menghindari hal ini, Anda perlu mencairkan bagian dalam kulkas sesekali. Agar lebih praktis, lakukan hal ini berbarengan ketika Anda akan mengelap seluruh permukaan kulkas dengan kain bersih.

7. Panggil teknisi ahli saat terjadi kerusakan.

Jika terjadi kerusakan pada mesin kulkas, pastikan Anda segera memanggil bantuan teknisi ahli service kulkas. Memperbaikinya sendiri mungkin terdengar seperti ide yang bagus karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar jasa profesional. Namun ketika Anda tidak memiliki kemampuan memadai untuk melakukan hal ini, dikhawatirkan Anda justru malah menimbulkan kerusakan yang lebih parah, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan kerugian yang lebih mahal.

Itulah dia beberapa tips perawatan kulkas yang perlu Anda ketahui. Dengan melakukan tips-tips di atas, Anda dapat membantu memastikan kulkas milik Anda jadi lebih awet dan mampu menjaga kesegaran serta kualitas makanan di dalamnya dalam waktu yang lama.

Baca Juga: 4 PERMASALAHAN UMUM YANG SERING TERJADI PADA KULKAS