thumbs-iconJasa perbaikan AC utama berskala nasional yang profesional

clock-iconWorking Hours : Mon-sat (8.00am - 6.00PM)

King Service AC
mobile-icon

CALL TO SCHEDULE YOUR FREE !(021) 6334875 / 6333218 Whatsapp: 085106444888

page-banner

Blog

Apa Saja Kegunaan Freon pada AC?

Apa Saja Kegunaan Freon pada AC?

Bagi Anda yang menggunakan AC (air conditioning) di rumah atau tempat kerja, pastinya sudah tidak asing dengan istilah freon AC. Selain listrik, AC juga membutuhkan freon untuk mendinginkan udara di dalam ruangan. Zat gas dari freon ini dapat menyerap panas dari mesin dan dengan mudah memberikan udara dingin ke sistem pendingin dan bagian-bagiannya.

 

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas mengenai freon dan segala kegunaannya. Yuk, simak penjelasannya!

Apa itu Freon?

Freon merupakan jenis refrigeran (zat pendingin) yang sering digunakan pada sistem pendingin udara atau AC (air conditioning). Freon terdiri dari sejumlah senyawa kimia yang dikenal dengan nama klorofluorokarbon (CFC) atau hidrofluorokarbon (HFC). Senyawa CFC pada awalnya digunakan sebagai refrigeran pada AC, tetapi kemudian ditemukan bahwa senyawa ini dapat merusak lapisan ozon dan berkontribusi terhadap pemanasan global.

 

Lalu, sebagai alternatifnya, dikembangkanlah refrigeran HFC, yang lebih aman untuk lapisan ozon dan tidak berbahaya bagi lingkungan, meskipun tetap memiliki efek pemanasan global dalam jumlah tertentu. Oleh sebab itu, beberapa negara dan organisasi internasional telah mengatur penggunaan refrigeran dengan tujuan mengurangi emisi gas rumah kaca dan memperbaiki kualitas udara.

 

Freon sendiri merupakan nama suatu brand dan merek dagang yang terdaftar untuk rangkaian produk halocarbon yang digunakan pada AC untuk menghasilkan udara yang sejuk. Merek ini dimiliki oleh Chemours Company yang membuat gas freon dengan chlorofluorocarbon (CFC), dan biasanya digunakan dalam freezer dan aerosol. Dalam sistem pendingin udara, bagian pendinginnya  dikenal dengan nama R-22 (salah satu jenis refrigeran pertama yang digunakan untuk unit AC).

Kegunaan Freon pada AC

Pada umumnya, freon berguna sebagai pendingin udara pada sistem AC. AC menggunakan freon sebagai media untuk mengalirkan panas dari dalam ruangan ke luar ruangan melalui proses sirkulasi yang terus-menerus. Beberapa kegunaan freon pada AC,  di antaranya:

 

  • Pertama, freon pastinya berguna sebagai media pendingin. Freon berfungsi untuk menyerap panas dari udara dalam ruangan, kemudian mengalirkannya ke luar ruangan sehingga suhu udara dalam ruangan dapat dikurangi.
  • Kedua, berguna untuk menghasilkan pendingin. Freon bekerja dalam sistem tertutup, di mana freon diubah dari bentuk gas menjadi cairan dan kemudian kembali lagi menjadi gas melalui proses pendinginan dan pemanasan yang berulang-ulang. Proses ini menghasilkan pendingin yang mengalir dalam sistem AC dan mengurangi suhu udara dalam ruangan.
  • Ketiga, memastikan efisiensi kerja. Dalam sistem AC, jumlah dan tekanan freon yang tepat sangat penting untuk memastikan AC bekerja dengan efisien dan menghasilkan pendingin yang cukup.
  • Terakhir, freon berguna untuk mencegah kerusakan pada komponen AC. Freon juga berfungsi sebagai pelumas pada komponen AC seperti kompresor, sehingga dapat mencegah kerusakan dan memperpanjang umur AC.

 

Akan tetapi, penggunaan freon pada AC juga memiliki dampak negatif bagi lingkungan. Oleh sebab itu, saat ini banyak negara dan organisasi internasional yang membatasi penggunaan freon dan mendorong penggunaan refrigeran alternatif yang lebih ramah lingkungan.

Isi Ulang Freon AC

Saat level freon AC rendah, Anda dapat menyewa jasa pengisian freon AC. Nantinya, petugas yang datang akan  membaca level freon Anda dan menambahkan freon yang cukup untuk mengembalikan sistem AC ke keadaan yang semula. Hal ini akan membuat sistem AC di rumah Anda bekerja seperti baru dan beroperasi secara efisiensi untuk menjaga Anda dan rumah Anda tetap sejuk, sekaligus menghemat banyak biaya untuk tagihan listrik.

Pilihan Terbaik Anda untuk Service AC Terpercaya dan Bergaransi di Jakarta

Berdiri sejak tahun 1977, King Service AC telah melayani banyak pelanggan di area Jakarta dan sekitarnya. Mengutamakan kepuasan pelanggan, kami senantiasa bekerja dengan penuh tanggung jawab atas setiap layanan yang kami tawarkan. Oleh sebab itu, King Service AC dapat menjadi pilihan utama Anda bila ingin melakukan perbaikan atau perawatan AC.

 

Silakan menghubungi kontak yang tertera di web ini untuk informasi lebih lanjut mengenai perawatan tahunan, perbaikan, atau penggantian sistem AC di tempat Anda.

 

Artikel Menarik Lainnya